Kamis, 13 Februari 2020

MAKALAH EFEK KAIN KATUN TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Kain katun adalah kain yang sangat murah dari bahan serat alami lainnya. Menurut Geot Poespo(2005:76)kain katun memiliki sifat kuat  bahkan ketika basah masih menyerap,menarik panas tubuh,kusut,mengerut.Kain katun merupakan jenis kain rajut yang sangat halus digunakan untuk membuat baju anak,karena memiliki bahan dasar dari serat kapas.
Bahan katun merupakan bahan yang sangat dianjurkan untuk pembuatan baju anak karena kain ini tidak akan membuat kulit bayi yang sensitif terluka.Selain itu karakteristik mudah menyerap keringat ini memastikan agar bayi tidak gerah karena keringat yang menempel di tubuhnya.
Maka dari itu kain katun dapat digunakan untuk membuat busana anak,karena jenis bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak luntur untuk bahan berwarna.

1.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan masalah dapat di identifikasi sebagai berikut:
1.      Apa itu kain katun?
2.      Apa saja keunggulan kain katun?
3.      Apa pengaruh kain katun terhadap tumbuh kembang anak?

1.3   Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui apa itu kain katun?
2.      Untuk mengetahui keunggulan kain katun?
3.      Untuk mengetahui pengaruh kain katun terhadap tumbuh kembang anak?

1.4   Metode Penulisan
Deskriptif diambil dari internet.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Kain Katun
Kain katun adalah jenis kain rajut yang sangat halus dan biasa digunakan untuk bahan membuat baju anak,karena  memiliki bahan dasar dari serat kapas.Oleh karena itu bahan baju ini sangat baik bila digunakan untuk membuat baju anak.
Katun merupakan suatu bahan yang tidak tetap,sehingga sulit di ketahui sifat penampilannya.Kain katun merupakan bahan yang sangat di anjurkan untuk digunakan dalam pembuatan busana anak karena kain ini tidak akan membuat kulit bayi terluka.

2.2  Keunggulan Kain Katun
Adapun keunggulan dari bahan katun adalah :
v  Bahan yang menyerap keringat.
v  Tidak mudah luntur.
v  Tidak panas.
v  Agak kaku dan mudah kusut,dapat di setrika dengan temperatur tinggi.
v  Rentan terhadap jamur.
v  Tidak berbulu.
v  Kainnya nyaman,lembut dan tidak kasar.
v  Kainnya lebih kuat dan tidak mudah robek.
v  Mudah di sablon.
v  Rentan terhadap jamur. 

2.3  Pengaruh Kain Katun Terhadap Tumbuh Kembang Anak
Kain katun berasal dari serat kapas oleh karena itu bahan baju itu sangat lembut sehingga tidak akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit anak.
Kulit anak balita yang berumur 5 hingga 6 tahun cenderung sangat sensitif terhadap iritasi,permukaan baju yang kasar berpotesnsi menimbulkan gesekan yang menyebabkan lecet dan iritasi pada anak.Karena itu kain katun sering digunakan untuk membuat baju anak karena bahan  katun sangat lembut.
Selain itu karakteristik mudah menyerap keringat memastikan agar anak tidak gerah karena keringat yang menenmpel di tubuhnya untuk waktu yang lama.




BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Berdasarkan apa yang telah di uraikan dapat di simpulkan bahwa kain katun adalah kain yang baik di gunakan untuk pembuatan busana anak.Karena memiliki   bahan yang sangat lembut sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit anak dan dapat menyerap keringat dengan cepat,rentan terhadap jamur dan tidak panas apabila digunakan untuk membuat busana anak.

3.2    Saran
Semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembacanya dan menjadi pertimbangan dalam pemilihan untuk pembuatan busana anak.