Jumat, 31 Januari 2020

MAKALAH CALON KEPALA DESA


Adakalanya untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Desa dibutuhkan atau dituntut harus mengumpulkan makalah sebagai salah satu persyaratan.

BAB I
PENDAHULUAN

Nama Desa Anda sebagai Desa Pengrajin dan Situs Samida akan dijadikan tempat wisata religi dan budaya yang sarat dengan potensi masyarakat dan hasil kerajinan tangan yang membuat bakul bahnnya dari bambu yang sudah termasyur ke manca negara sejak jaman dahulu. Nama Desa Anda juga meimiliki mitrarium sejarah perkembangan islam yang kemudian menjadikan Desa Nama Desa Anda dikenal sebagai Desa yang agamis, berbudaya, bertatanan sosial yang baik menjadi tujuan warga lainnya.
Dalam tatana perkembangan pemerintahan, Nama Desa Anda ddituntut untuk terus mempertahankan budaya, namun sambil terus berbenah agar dapat menyesuaikan dengan perkembangaan jaman.
Dinamika zaman berubah menurut kita juga berubah tatanan birokrasi yang baik dengan menegakan peraturan sesuai dengan ketetapan harus terus di bangun, mewujudkan sebenar-benarnya bahwa aparatur adalah abdi masyarakat, harus terus dibuktikan dengan karya nyata, sehingga benar-benar dirasakan oleh warga, salah satunya adalah mengedepankan pelayanan yang mudah dan transparan sehingga keberadaan pemerintah desa yang bersih dapat terwujud.
Sektor ekonomi yang menjadi modal dasar untuk kemajuan Desa Nama Desa Anda, pembangunan situs samida akan dijadikan tempat wisata. Akan menjadi paktor penting demi bersama-sama meningkatkan peran masyarakat dan kekuatan ekonomi wisata untuk PAD.
Desa Nama Desa Anda, kesenjangan sosial bagaimanapun juga menjadi masalah yang tidak terbantahkan dimanapun berada, sehingga pemerataan sosial dengan selalu mengedpankan semangat utuk terus menggali potensi dan mengembangkan potensi desa yang ada.
Dengan semangat kultur desa semanga terus menjaga kebesarannya dan untuk mendajikan Sirnjaya yang lebih. Baik saya NAMA ANDA calon kepala Desa Nama Desa Anda berusaha dengan optimal berusaha dengan keras dengan selogan “Bekerja Kersa, Bekerja Cerdas, Bekerja Ikhlas” untuk mempertahankannya dan mewujudkan Nama Desa Anda kedepan yang lebih baik lagi.
BAB II
VISI

“Menuju Desa Nama Desa Anda yang bermartabat, sejahtera dan religius  yang terdepan di tahun 2026”


BAB III
MISI

1.     Meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
2.     Menciptakan pemerintah desa yang tanggap terhadap keadaan dan aspirasi masyarakat deng terjun langsung melihat kondisi masyarakt di seluruh wilayah Desa Nama Desa Anda.
3.     Meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar berhasil guna dalam medkung kesejahteraan masyarakat.
4.     Meningkatkan sarana dan prasarana umum guna mendukung kelancaran perkonomian masyarakat.
5.     Pemerataan pembangunan fisik dan non fisik, sehingga tidak akan terjadi kesenjangan sosial di seluruh masyarakat Desa Nama Desa Anda.
6.     Meningkatka kapasias pengetahuan, pengalaman bagi perangkat desa melalui pendidikan dan pelatihan.
7.     Koordinasi dan bekerjasama dengan semua unsur kelembagaan desa, lembaga keagamaan dan lembaga politik supaya dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang meliputi bidang : Ekonomi, sosial, politik, budaya, olah raga, ketertiban dan keamanan masyarakat.


BAB IV
STRATEGI PEMBANGUNAN

A.   Pemerataan Pembangunan
Dengan usaha anjang (terjun langsung atau srvey nyata) ketiap wilayah Desa Nama Desa Anda menginventarisasi dan mencari solusi perbaikannya. Tentu saja berkoordinasi dengan masyarakat setempat.

B.   Percepatan Pembangunan Yang Berkualitas
Berusaha mencari terobosan-terobosan dan baik dari pemerintah Kebupaten, Provinsi, maupun pusat dan juga pihak swasta unuk pembangunan wilayah Desa Nama Desa Anda secara umum maupun tingkat organisasi kemasyarakatan, PKK,RT, dan sebagainya guna meringankan beban ekonomi masyarakat dalam berpartisipasi dalam pembangunan.

C.   Penataan Dan Perbaikan Wajah Desa
1.    Perbaikanpda jalan-jalan utama, jalan desa dan dusun serta gang dan saluran air.
2.    Pelayanan air bersih melalui BUM Des.

D.   Pemberdayaan Masyarakat
Rekrutmen para tokoh masyarakat untuk membentuk suatu paguyuban yang selanjutnya diajak memliki dan memecahkan bersama berbagai permasalahan yang ada di Desa Nama Desa Anda.

E.   Peningkatan Kualitas Pelayanan Masyarakat
Pamong adalah pelayanan masyarakat sehingga harus selalu siap membantu masyarakat kapan saja, melalui peningkatn disiplin kerja, santun, tanggap dan tangguh maka seluruh kebutuhan masyarakat akan terlayani secara cepat, optimal dan profesional.

F.    Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Kependidikan
Melalui ajang sana kepertemuan-pertemuan akan terseap aspirasi-aspirasi masyarakat dan juga bisa mebina masyarakat akan pentingnya pendidikan. Menghimpun para pemuda dalam suatu wadah karang taruna tingkat desa, di situ akan terwujud kegiatan-kegiatan yang sangat positif.

G.   Penigkatan Kualitas Keimanan dan Ketaqwaan
Mendorong dan menggalakkan kegiatan-kegiatan pengajian di masyarakat yang melibatkan perangkat desa. Disitu secara bertahap akan tepupuk ketebalan kualitas keimanan seseorang.


BAB V
PROGRAM KERJA

A.   Bidang Pemrintahan Desa
Mengoptimalkan penyelenggaraan pemrintah desa, yaitu dengan :
1.    Menciptakan suasana pemerintah desa yang mengayomi, harmonis, dinamis, transparan, dan terbebas praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) atau penyelewengan lainnya.
2.    Memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien.
3.    Memberdayakan semua unsur lembaga yang terkait dengan pemerintah Desa.
4.    Memberdayakan semua organisasi keagamaan, sosial politik agar bisa bekerja semua dengan pemerintah desa.
5.    Meninjau kembali kebijakan-kebijakan pemerintah desa yang tidak sesuai dan tidak sejalan dengan aspirasi masyarakat.
6.    Meningkatkan pengelolaan aset desa untuk anggaran pembangunan desa.
7.    Menyempurnakan peraturan-peraturan desa yang ada demi kelancaran pembangunan desa.

B.   Bidang Ekonomi
Meningkatkan perekonomian desa dengan cara membangun sarana perekonomian yang meliputi :
1.    Pengerasan jalan/pengaspalan jalan, naik jalan utama maupun jalan yang ada di sekitar pemukiam masyarakat.
2.    Pembangunan pelayanan saran air bersih untuk masyarakat Nama Desa Anda yang terjangkau dan profesional.
3.    Memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga.
4.    Membangun situs semida menjadi tempat wisata religius dan menembah PAD Desa Nama Desa Anda.



C.   Bidang Politik
1.    memberikan pemahamam kepada masyarakat, bagaimnana cara-cara berpolitik yang baik dan mencerdskan.
2.    Memberikan pengayoman serta pelayanan yang sama kepada semua masyarakat, organisasi politik dan ormas lainnya.

D.   Bidang Sosial Dan Kesejahteraan Masyarakat
1.    Menumbuhkan dan membina rasa kebersamaan atar warga agar tercip keselarasan masyarakat yang baik dan bersikap gotong royong.
2.    Membudayakan KB sebagai kebutuhan keluarga mandiri dengan lat kontrasepsi yang sesuai standar kesehatn lewat posyandu atau lembaga swasta.
3.    Menggalakan desa bersih regulasi.
4.    Mengaktifkan organisasi Karang Taruna sebagai sarana untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas pemuda dalam berbagai kegiatan yang positif.
5.    Memberdayakan kader PKK dengan segenap potensi dan sumberdaya yang ada.
6.    Peningkatan pelayanan dan prasarana kesehatan yang mudah dan terjangkau seperti pelayanan mobil ambulan dan oftimalisasi posyandu.
7.    Oftimalisasi pelayanan sosial yang terbuka dan transparan terutama dalam pemnyaluran berkas rskin, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan serta bantuan lainnya.
E.   Bidang Olah Raga
1.    Mengembangkan semua kegiatan cabang olah raga yang ada di masyarakat, agar tumbuh bakat dan dapat berprestasi.
2.    Menyelenggarakan even-even kegiatan olah raga baik lokal maupun regional.
3.    Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi peningkatan kualitas pemuda dan olah raga.

F.    Bidang seni dan budaya
1.    Melestarikan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan masyarakat yang ada.
2.    Mengadakan pentas/lomba seni budaya bangsa khusunya pada keggiatan peringatan hari ulah tahun kemerdekan Rebulik Indonesia, atau pada kegiatan lainnya.
3.    Optimalisasi dan pengembangan pusat seni dan budaya Nama Desa Anda.

G.   Bidang Kantibmas
1.    Memberikan pelayanan kenyaman hidup bermasyarakat, agar tidak terjadi gangguan kemanan dan ketertiban yang dapat meresahkan masyarakat.
2.    Memberdayakan petugas Linmas agar selalu siap siaga menanggulangi gangguan KANTIBMAS.
3.    Peningkatan koordinasi antara pemerintah desa dengan pihak berwenang, ,uspika, aparat keamanan baik dari POLSEK, KORAMIL, maupun dari POLRES.


BAB VI
PENUTUP

Perhelatan suhu politik Pemilihan Kepala Desa Nama Desa Anda sudah semakin menghangat, namun bertapapun itu terjadi hendaknya selalu disikapi secara bijak dan dingin.
Maka dari itu, demi untuk kemajuan dan kebesaran Desa Nama Desa Anda, maka dari ini saya NAMA ANDA menyatakan siap menang dan siap kalah dalam pemilihan Kepala Desa Sirnaya tahun 2020.
Demikian saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk semuanya.


Nama Desa Anda, 12 April 2020




NAMA ANDA