Rabu, 04 Maret 2020

EMIS FEEDER

Salam Satu Data

Sekarang ini operator lagi disibukan dengan Aplikasi baru yang diluncurkan KEMENAG, yang aplikasi tersebut didalamnya terdapat Data Lembaga, Sapras dan tentunya Siswa. Aplikasi tersebut diberi nama EMIS FEEDER, gimana keren kan???

Disini penulis mencoba sedikit mengulas tentang neng EMIS FEEDER ini, sebagai pembuka dalam coretan ini, penulis mereview bahwa Aplikasi tersebut adalah penyempurnaan dari Emis Online sebelumnya, menurut beberapa kalangan, dimana kelebihannya adalah aplikasi pengerjaan bisa offline, nanti setelah selesai baru Sinkron ke server pusat, mirip-mirip dikit dengan aplikasi punya tetangga (DAP*****). 

Keren kan logonya juga???

Dibanding dengan Emis sebelumnya yang mana harus selalu Online dalam pengerjaannya, ini bisa dikatakan bisa jadi solusi yang lumayan meringankan pekerjaan karena dapat dikerjakan walaupun kita tidak terhubung dengan Internet. 

Tapi, dibalik itu semua bisa jadi musibah juga buat para operator madrasah, karena pekerjaan mau tidak mau pekerjaan harus selesai dengan tidak ada lagi alasan karena internet gangguan atau semacamnya. Heheheeee

Sebagaimana tadi penulis sampaikan di atas, dalam Aplikasi Emis Feeder ini didalamnya terdapat fitur yang hampir sama dengan Emis sebelumnya. Dan dalam penggunaannya/ pengerjaan dikatakan banyak kemiripannya, hanya saja lebih penyempurnaan (nambah pekerjaan para operator).


Alur pengerjaan Emis Feeder

Dikarenakan ini merupakan sebuah Aplikasi yang tentunya ada aplikasi yang harus dipasang, dan bagaimana cara mendapatkannya aplikasi tersebut. 

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, para operator madrasah hanya tinggal sedot dari sini 

Setelah mendapatkan aplikasi tersebut :
1. Pastikan file yang tadi didownload harus diekstrak terlebih dahulu.
2. Pastikan komputer kita terhubung ke internet, karena nanti saat pertama kali kita login pada aplikasi ini akan melakukan Sinkronisasi dengan Emis sebelumnya. 
3. Setelah fila tadi diekstrak, arahkan kursor kita ke Aplikasi Emis > Klik > Pilih Run as administrator, kita tunggu hingga proses instalasinya selesai. Sampai muncul gambar seperti di bawah ini. 


4. Setelah muncul seperti gambar di atas, kita tinggal memasukan Username dan Password EMIS kita, ketika Login yang pertama kali maka akan ada proses sinkronisasi, biarkan saya sampai selesai (bisa sambil ngopi juga). Setelah proses Sinkronisasi tersebut selesai kita akan dibawa ke halaman dashbord seperti gambar di bawah ini. Ada beberapa menu diantaranya Beranda, Lembaga, Peserta Didik, PTK, Sarana Prasana, Sinkronisasi, Data Lampau dan tidak ketinggal menu Logout.

Nah sudah sampai disana kita bisa dikatakan sudah sukses instal Emis Feeder.

Untuk selanjutnya bagaimana cara pengerjaan nanti penulis akan buatkan dalam coretan berikutnya.